Lenovo Thinkpad L13 dan L13 Yoga

Al200finale –┬áLenovo memiliki seri notebook yang ditujukan untuk kalangan profesional, yaitu seri ThinkPad. Rentang ini menawarkan kinerja tinggi dan fungsi kerja yang andal. Meski desain yang ditampilkan tidak terlalu istimewa, jajaran laptop Lenovo ini terbilang cukup baik dalam mengusung kenyamanan Kali ini, tim Jagat Review telah sampai pada kedatangan seri laptop ThinkPad terbaru dari Lenovo, yaitu seri ThinkPad L. L-Series satu kelas di bawah ThinkPad T-Series. Dua model yang kami uji dari ThinkPad L series adalah ThinkPad L13 dan ThinkPad L13 Yoga. Dengan harga yang lebih murah, kedua notebook ini tetap menawarkan performa dan kenyamanan kerja terbaik. Baca berita teknologi komputer lengkap ThinkPad L13 dan ThinkPad L13 Yoga di bawah ini.

Lenovo ThinkPad L13 dan L13 Yoga tidak terlalu berbeda. Untuk faktor bentuk, ThinkPad L13 tetap mengusung model clamshell / notebook klasik. Sedangkan L13 Yoga secara alami memiliki faktor bentuk convertible / 2-in-1, yang dapat digunakan dalam empat mode, termasuk mode Notebook, mode Berdiri, mode Tenda, dan mode Tablet. Keduanya memiliki warna yang sama dan Black Matte yang sangat sederhana, yang telah menjadi fitur dari seri ThinkPad selama beberapa generasi. Untuk material, di bagian belakang layar menggunakan aluminium. Kemudian gunakan rangka hardware utama dan keyboard berbahan plastik yang diperkuat fiberglass. Dengan bahan tersebut diklaim telah lolos 12 uji ketahanan militer.

Di sisi kanan, kanan dan kiri tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal untuk memberikan perlindungan terhadap benturan di layar. Sedangkan memiliki ring di bagian atas yang cukup tebal untuk menempatkan kamera webcam. Bentuk ThinkPad yang khas juga ditampilkan kembali dengan logo “ThinkPad” di bagian belakang layar dan Palmrest di sebelah kanan. Pada ThinkPad L13 Yoga dilengkapi dengan modul kamera kedua di bagian atas keyboard yang berfungsi sebagai kamera belakang saat menjadi tablet.

Dari segi dimensi, keduanya memiliki ukuran yang sama persis, yakni panjang 31,1 cm x lebar 21,9 cm dan tebal 1,76 cm. Untuk bobotnya, ThinkPad L13 memiliki bobot 1,36 kg. Sementara itu, ThinkPad L13 Yoga memiliki bobot 1,41 kg. Dengan harga yang lebih murah, kedua notebook ini tetap menawarkan performa dan kenyamanan kerja terbaik. Baca ikhtisar lengkap ThinkPad L13 dan ThinkPad L13 Yoga di bawah ini.

Lenovo ThinkPad L13 dan L13 Yoga tidak terlalu berbeda. Untuk faktor bentuk, ThinkPad L13 tetap mengusung model clamshell / notebook klasik. Sedangkan L13 Yoga secara alami memiliki faktor bentuk convertible / 2-in-1, yang dapat digunakan dalam empat mode, termasuk mode Notebook, mode Berdiri, mode Tenda, dan mode Tablet. Keyboard memiliki desain dan tata letak ThinkPad yang khas dengan tombol Fn (Fungsi) di sudut kiri bawah. Tombol Fn dan Ctrl dapat dipertukarkan dengan mengaturnya melalui perangkat lunak Lenovo Vantage. Keyboard ThinkPad tentunya memiliki kemudahan mengetik yang sangat baik. Dilengkapi juga dengan lampu belakang berwarna putih, dengan dua tingkat kecerahan yang dapat disesuaikan dengan menekan tombol spasi Fn +. Jika Anda beralih ke touchpad, laptop ini sejajar dengan tombol spasi. Ini memudahkan telapak tangan Anda memasuki area Touchpad, sehingga lebih mudah digunakan. Dilengkapi dengan tombol klik kanan, kiri dan tengah, dan juga terdapat TrackPoint (khas ThinkPad) sebagai alternatif touchpad. Laptop ini memiliki kapasitas 46Wh dan didukung oleh charger 65W yang memiliki bobot 200g. Konektor yang digunakan adalah USB Type-C, sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone, jadi tidak perlu membawa charger smartphone.